Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Bata Ringan Terbaru Bulan Ini 2017 Update

Harga Bata Ringan - Bata ringan merupakan sejenis batu bata dengan berat jenis yang lebih ringan dibandingkan bata biasanya. Adapun bata ringan sendiri memiliki 2 macam jenis, di antaranya jenis CLC dan jenis AAC. Di mana keduanya didasarkan melalui gagasan yang serupa yakni dengan menambahkan gelembung pada mortar untuk meminimailsir berat beton. Sementara perbedaan antara bata ringan CLC dan AAC sendiri dilihat berdasarkan proses pengeringannya, di mana jenis CLC mengalami pengeringan secara alami sedangkan AAC mengalami proses pengeringan di oven autoklaf dengan tekanan tinggi.


Bata ringan terbuat dari berbagai campuran, seperti semen, pasir, air dan kimia busa. Di samping itu, ada juga campuran lainnya seperti pasta alumunium, gypsum dan kapur. Terdapat beberapa mesin di mana umumnya dimanfaatkan untuk proses pembuatan bata ringan, seperti cetakan, mesin molen dan mesin foam generator. Pada proses pembuatannya tersebut biasanya bahan air, pasir dan semen diaduk memakai mesin molen. Kemudian campuran dimasukkan pada foam generator sebelumnya telah dibubuhi oleh bahan kimia berupa busa. Sesudah merata, maka baru campuran pun dicetak melalui ukuran tertentu lalu dijemur sampai kering.

Bata ringan di Indonesia sendiri sudah memiliki penjualan yang cukup pesat. Di mana kita bisa menjumpai bata ringan ini di toko bangunan sesuai dengan merek, spesifikasi dan harga tertentu. Umumnya harga tersebut bergantung pada tempat produksi, kualitas dan juga kebutuhan pasar. Penggunaan dari bata ringan terbilang lebih efisien dalam hal pengerjaan bangunan, sebab bata ringan ini lebih ekonomis dan memungkinkan proses pembangunan pun menjadi lebih cepat, misalnya pada pembangunan apartemen, perumahan, hotel, pabrik dan mall. Pembuatan bata ringan yang memiliki material lebih ringan disyaratkan agar memperoleh struktur bangunan yang tahan gempa.

Bila material pendukung bahan bangunan tersebut lebih berat serta terjadi keruntuhan yang disebabkan oleh gaya gempa, maka berat material ini berbahaya untuk penghuninya. Maka penggunaan bata ringan di Indonesia yang termasuk wilayah rawan gempa sendiri sangat cocok. Walaupun bata ringan memiliki fungsi yang serupa dengan bata merah hanya saja yang membedakannya yaitu pada beratnya. Bata ringan yang terbuat dari bahan baku air, kapur, semen da pasi silika ini memang dibentuk berdasarkan tekanan uap yang tinggi. Di mana proses pembuatannya diawali dengan mencampurkan bahan baku.

Setelah proses pencampuran bahan baku, maka adonan dimasukkan pada autoclaved. Pada alat inilah bahan-bahan yang dibentuk adonan diberi oleh tekanan uap air sampai suhunya mencapai 200 derajat. Dikarenakan prosesnya tersebut memakai autoclaved inilah maka material tersebut dinamakan autoclaved aerated concrete. Adapun daftar harga bata ringan terbaru Juli 2016 bisa kita lihat di bawah ini :

Harga Bata Ringan


No. Jenis Bata Ringan Harga/m3
1. Fastcon Rp. 650.000
2. Blesscon Rp. 650.000
3. SB Con Rp. 650.000
4. Ecoblock Rp. 650.000
5. Falcon Rp.690.000
6. Grand Elephant Rp. 754.000
7. Citicon Rp. 985.000

Batu bata ringan memang tergolong lebih mahal jika dibandingkan batu bata merah yang hanya dijual sekitar Rp. 500 per biji. Hanya saja proses pemasangannya lebih cepat dengan begitu keseluruhan dari biaya pembuatan tembok atau dinding lebih ekonomis. Hal yang perlu kita perhatikan adalah keekonomisan perekatnya, lalu ongkos tukang serta hasil akhirnya. Meskipun harga jualnya lebih mahal, namun hasil akhir pada dinding yang dibangun memakai beton aerasi pun lebih baik sebab dinding lebih lurus serta tak ada material terbuang.

Direkomendasikan Untukmu !!
Harga Kaca Harga Batu Alam Harga Besi Beton

Artikel Harga Bebatuan Merk Lainnya :
Jika kita bandingkan dengan material bata merah, harga dari 1 blok bata ringan ini terbilang lebih mahal sedikit. Akan tetapi, untuk membangun dinding yang luasnya sekitar 1 m2 maka dinding yang dibangun memakai beton ringan ini hanya memerlukan kisaran 8-9 buah. Sementara pada material bata ringan, untuk 1 m2 dinding memerlukan hingga 70 sampai 72 buah.
Admin Cans
Admin Cans Hai, siapa aku?