Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Pipa Besi Terbaru Bulan Ini 2017 Update

Berapa Harga Pipa Besi Terbaru? Pipa besi atau besi pipa merupakan tabung berongga dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai keperluan. Pipa besi sendiri termausk material pekerjaan arsitektur dan plumbing. Pada pekerjaan plumbing yang biasa memakai pipa medium berbentuk galvanis. Sementara pada pekerjaan arsitektur biasa memakai pipa hitam atau black steel, dan finish cat pada pekerjaan railing tangga. Berbeda lagi jika untuk instalasi atau pemasangan pipa untuk pemadam kebakaran sendiri memakai pipa besi tipe schedule 40.


Pipa sendiri termasuk komponen paling penting di dunia industi khususnya dimanfaatkan sebagai system transportasi industri. Di samping itu, pipa memiliki peranan penting dalam berbagai macam bangunan maupun konstruksi. Baja sendiri diklasifikasikan berdasarkan komposisi kimia di dalamnya. Dimana fitting dan pipa baja sendiri adalah kombinasi dari karbon (C) dan besi (Fe) dengan kandungan karbon di dalamnya tidak lebih dari 1,7%. Adapun klasifikasi baja kepada 3 kelompok diantaranya high alloy steel, low alloy steel dan carbon steel.

Untuk baja karbon sendiri terdiri atas besi, dengan karbon yang kandungannya 1,7% kurang, mangan tidak lebih dari 1,65%, dan sejumlah aluminium, silicon serta batas kontaminan yang diantaranya nitrogen, belerang dan oksigen serta tanpa batasan minimal untuk beberapa elemen diantaranya Mo, Al, Co, Ni, Ce. Baja karbon merupakan bahan pipa paling umum di industry kimia, power plant, hidrokarbon, pipa industry dan proses. Adapun spesifikasi dari pipa baja karbon yang paling umum dipakai untuk steam operation, udara atau air termasuk diantaranya ASTM A55 dan ASTM A106.

Sementara baja karbon paling umum digunakan dalam aplikasi pipeline yaitu pipa API 5L. Sementara baja ringan itu sendiri merupakan baja karbon yang memiliki kandungan karbon hanya kurang dari persentase 0,3%. Untuk baja karbon kelas menengah mempunyai 0,3-0,6% kandungan karbon. Berbeda lagi pada baja karbon kelas tinggi mempunyai komposisi karbon 0,6% lebih.

Pipa besi atau baja seamless merupakan salah satu model pipa besi yang dibentuk dengan cara menusuk bagian batang besi berbentuk silinder agar menghasilkan lubang dalam dimeter pipa. Melalui cara seamless ini, pipa yang diperoleh memiliki ketahanan yang lebih kuat pada tekanan. Umumnya pipa-pipa dalam instalasi saluran air dengan tekanan yang sangat tinggi, misalnya pada aliran fire hydrant yang memakai pipa jenis ini. Berbeda lagi dengan pipa baja ERW atau Electric Resistance Welded dengan menunjukkan bagaiman pembuatan pipa besi, yakni lewat pengelsan listrik dengan mengandalkan perbedaan dari ketahanan yang terjadi antara kedua jenis permukaan logam. Terdapat 2 metode pengelasan pada ERW ini, diantaranya pengelasan seam dan pengelasan spot.

Harga Pipa Besi Terbaru


Melalui penjelasan di atas, tentu tak lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai harga pipa besi yang banyak digunakan. Untuk itu, berikut daftar harga dari pipa besi di bawah ini!

Tipe Produk Ketebalan Panjang/Batang Harga per Batang
Pipa Besi Medium Hitam ½” 2,6 mm 6m Rp. 115.000,-
Pipa Besi Medium Hitam ¾ “ 2,6 mm 6m Rp. 150.000,-
Pipa Besi Medium Galvanis ½ “ 2,6 mm 6m Rp. 150.000,-
Pipa Besi Medium Galvanis 1” 3,2 mm 6m Rp. 295.000,-
Pipa Besi Medium Galvanis 1 ½” 3,2 mm 6m Rp. 450.000,-
Pipa Besi Medium Galvanis SCH40 ½ “ 2,8 mm 6m Rp. 155.000,-
Pipa Besi Medium Galvanis SCH40 ¾ “ 2,9 mm 6m Rp. 207.000,-

Itulah ulasan daftar harga pipa besi berdasarkan jenis, ketebalan dan panjangnya. Pipa besi merupakan salah satu bahan bangunan yang sangat diperlukan. Dimana dalam kandungan pipa besi itu sendiri terdapat senyawa-senyawa yang memiliki karakteristik dan sifat tersendiri. Seperti misalnya unsur carbon yang berperan meningkatkan kekerasan dan kekuatan, mangan yang berperan sebagai desulfulizer dan deoxidizer baja panduan. Selain itu, dapat menangkat kotoran berupa sulfur, dan menghilangkan sifat yang rapuh dari jenis besi sulfide serta meningkatkan kekuatan dalam proses hot work. Untuk silicon sendiri berfungsi sebagai deoxidizer untuk menangkap zat oksigen terlarut serta menghindari adanya porositas juga meningkaatkan castability. Sementara untuk Molibdenum atau Mo pada pipa besi berfungsi meningkatkan kekuatan dan yield terhadap suhu atau temperature tinggi.
Admin Cans
Admin Cans Hai, siapa aku?