Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kabel LAN Per Meter Terbaru Bulan Ini 2017 Update

Berapa Harga Kabel LAN ? LAN merupakan kependekan Local Area Network, yakni istilah yang cukup populer dalam bidang ilmu komputer. Dimana jaringan LAN sendiri hanya memiliki frekuensi repiter yang kecil, sama seperti jaringan komputer di kampus-kampus ataupun sekolah-sekolah dengan memakai kabel UTP. Adapun fungsi kabel LAN yaitu digunakan sebagai penghubung pada perangkat komputer untuk menggunakan sumber daya bersama serta saling bertukar berbagai informasi.

Saat Anda hendak memakai banyak perangkat komputer, baik di tempat kerja, kantor maupun di rumah tentu Anda hendak menghubungkan perangkat komputer yang satu dengan lainnya. Bila Anda memakai akses internet, kemudian untuk menghubungkan piranti pendukung tadi maka Anda pun harus memakai kabel LAN. Adapun kabel LAN biasa juga disebut sebagai ethernet cable. Adapun jenis dari kabel LAN kini yang sering dipakai yaitu UTP terdiri atas 4 kabel dengan warna yang bervariasi lalu dililitkan hingga menjadi satu dan dibungkus memakai plastik dengan rapi dan kuat.

Sementara untuk memakai kabel tersebut memerlukan yang namanya soket dan dikenal sebagai socket RJ4 di bagian ujungnya. Kabel tipe UTP ini sering digunakan sebab bisa mentransfer data pada kecepatan sebesar 1 GB. Selain itu, kabel LAN itu sendiri umumnya banyak dipakai pada jaringan warnet, untuk menghubungkan perangkat komputer satu dan yang lainnya. Kabel LAN juga digunakan untuk jaringan komputer yang ada di rumah dengan menghubungkan PC bersama modem. Dimana kini kita bisa mendapatkan kabel LAN atau UTP ini di semua toko perangkat komputer dengan satuan meteran.

Kini kebanyakan dari kabel LAN sendiri berbasis teknologi dari IEEE 802.3 ethernet memakai perangkat switch, dimana memiliki kecepatan transfer data hingga 10, 100 maupun 1000 Mbit/s. Bukan hanya teknologi ethernet, bahkan kini untuk teknologi 802.11b pun sering dipakai untuk pembuatan LAN. Sementara area yang menyediakan jaringan LAN yang berteknologi WiFi sendiri dinamakan hotspot. Pada kabel LAN sendiri terdapat beberapa komponen dasar, diantaranya workstation, server, link, network interface card dan network software.

Workstation merupakan host atau node berupa sebuah sistem perangkat komputer, sedangkan untuk server sendiri merupakan perangkat keras atau hardware dengan peranan untuk melayani koneksi dan workstation yang telah terhubung di jaringan tersebut. Biasanya resources atau sumber daya seperti disk, printer dan lain sebagainya yang akan digunakan secara bersamaan oleh pengguna di workstation yang bekerja dan berada dalam server. Sementara link sendiri penghubung antara server dan workstation. Sementara NIC atau network interface card sendiri merupakan suatu rangkaian elektronika dengan rancangan khusus berfungsi untuk dapat menangani sebuah network protokol.

Harga Kabel LAN Terbaru


Berikut ini daftar harga kabel LAN terbaru dan terupdate 2016

Merek Kabel Satuan Harga
Schneider Electrik Cat 6 UTP Patch Cord 1 meter RP. 50.600,-
Remax High Speed Network Cable 1 meter Rp. 33.900
Anylink Billionton Cable Networking 2 meter Rp. 49.700,-
Xiaomi RJ-46 Internet Network Cable 1,5 meter Rp. 40.900,-
BELKIN Cat.5e UTP Patch Cord 1 meter Rp. 55.000,-
Remax High Speed Network Cable 5 meter Rp. 56.500,-
LS Cable Patch Cord Cat.5 5 meter Rp. 65.250,-

Lihat Harga Kabel lainnya :
 
Bila Anda mempunyai jaringan panjang hendaknya diukur terlebih dulu agar memastikan berapa panjang yang diperlukan. Namun jika tak mempunyai alat yang berfungsi memasang socket maka sebaiknya Anda meminta pihak toko untuk memasangkannya sebab biasanya terdapat alat yang lengkap serta alat pengecekan apakah perangkat kabel telah terpasang dengan tepat atau belum. Selain itu, harga kabel LAN di atas pun dapat berubah-ubah tiap waktu dan juga di tiap daerah kemungkinan harganya berbeda-beda meskipun kisaran harganya tak jauh berbeda dengan harga yang sudah disebutkan. Tak hanya itu saja, harga kabel juga akan berbeda-beda sesuai dengan merek kabel LAN itu sendiri. Meskipun begitu, Anda sudah mendapatkan kisaran harga untuk mempersiapkan budget membeli kabel LAN.
Admin Cans
Admin Cans Hai, siapa aku?