Harga Multiplek Lapis HPL Terbaru Bulan Ini 2017 Update

Advertisement
Berapa Harga Multiplek Lapis HPL ? High Pressure Laminate atau HPL adalah laminasi bertekanan tinggi sebagai salah satu material bahan finishing biasa dipakai untuk produk mebel maupun permukaan interior. Dimana HPL ini bekerja secara optimal dan lebih baik dijadikan penutup permukaan cabinets, kitchen set, meja, maupun dekorasi interior lainnya. Dengan semakin meningkatnya biaya serta kurangnya pasokan material kayu nyata, diiringi oleh meningkatnya permintaan akan bahan ramah lingkungan tentunya membuat HPL menjadi salah satu proses finishing palong populer untuk berbagai produk furniture hingga dekorasi interior rumah.


HPL ini bisa dibilang sebagai finishing atau lapisan akhir dari berbagai macam furniture yang berbahan materialkan plastic tipis dimana akhir-akhir ini begitu familiar juga banyak diminati di dunia furniture, khususnya bagi furniture dengan bahan multiplek dimana umumnya finishing atau pelapis terluar ini memakai bahan dari triplek corak, baik kayu sungkai, mahoni, jati, dan sebagainya yang saat ini dengan perlahan mulai ditinggalkan. Adapun perubahan dari treatment yang satu ini umumnya masih membutuhkan treatment duco atau melamic dimana berdasarkan waktu dan biaya sendiri perbedaannya begitu jauh.

HPL sendiri tergolong lebih cepat, praktis dan lebih murah. HPL sendiri mempunyai beragam warna dan corak permukan untuk bisa digunakan, serta dari berbagai macam tersebut, umumnya yang paling sering digunakan adalah warna dan corak kayu dari berbagai macam jenis. Tetapi ada juga yang menggunakan corak dan warna-wanra metalik. HPL sendiri mempunyai kelebihan diantaranya anti air dan anti gores. Meskipun tak sampai 100% anti gores, tetapi material ini memang kuat karena bahan utamanya sendiir dari plastic PVC yang keras dengan permukaan yang bertekstur. Selain itu, material tersebut lebih kuat dibandingkan material sheet umumnya dipakai melapisi furniture yang murah.

Selain itu, HPL memiliki keunggulan dimana pengerjaannya lebih bersih dibandingkan memakai sanding atau cat duco, sebab material tersebut di lem dalam multipleks. Untuk pengrajin furniture multipleks dan meubel sendiri, material tersebut mempunyai keunggulan seperti cepat dan bersih. HPL mempunyai varian produk yang disebut sebagai edging untuk mempermudah proses pengerjaan furniture di pinggiran tipis. Adapun keunggulannya diantaranya prosesnya terbilang cukup praktis, biaya lebih rendah, furniture yang memakai finishing berupa HPL ini tak membutuhkan tukang finishing secara khusus, melainkan cukup dengan tukang kayu.

Motif dan warna furniture akan tampak sama, jadi tak berisiko warnanya belang-belang misalnya seperti ketika memakai finishing dari cat duco. HPL mempunyai jenis yang beragam diawali dari warna solid, motif kayu, metalik sampai motif menyerupai granit dan marmer. Penggunaan HPL sendiri lebih cepat untuk selesai daripada finishing memakai spray. HPL sangat cocok bagi furniture yang tampilannya minimalis dan modern. HPL lebih bersih untuk aplikasinya, dan memiliki ketahanan lebih baik dari goresan, panas dan zat kimia. Harganya pun tergolong lebih murah.

Harga Multiplek Lapis HPL


Ukuran Multiplek/Triplek Harga
3 mm x 3 x 7 Rp. 29.500,-
4 mm x 4 x 8 palm Rp. 51.000,-
3 mm x 4 x 8 tunas Rp. 39.000,-
4 mm x 4 x 7 Rp. 41.000,-
8 mm x 4 x 8 Rp. 79.000,-
9 mm x 4 x 8 palm Rp. 102.500,-
12 mm x 4 x 8 tunas Rp. 130.000,-

Itulah beberapa referensi harga multiplek lapis HPL yang bervariasi agar Anda bisa mempersiapkan budget untuk finishing interior ruangan Anda. Selain keunggulan, penggunaan HPL ternyata memiliki kelemahan diantarana menyulitkan atau tak mungkin membuat bidang lengkung dengan ukuran terlalu kecil, seperti sudut lengkung yang berjari-jari sekitar 5 cm. Sebab umumnya bidang elngkung terlalu kecil memakai panduan sheet plastic. Selain itu, pemotongan HPL kurang sempurna bisa menyebabkan terlihat lapisan ketebalan dari HPL serta ada banyak kasus dimana HPL tampak kurang rapi dilihat dari sudut-sudutnya. Berdasarkan fisik sendiri HPL tammpak sangat keras, mudah patah dan tingkat fleksibilitasnya rendah. HPL mudah patah bilaa tak hati-hati justru bisa meningkatkan anggaran untuk produksinya.
Advertisement
Harga Multiplek Lapis HPL Terbaru Bulan Ini 2017 Update | Intan Purnamasari | 5