Harga Semen Terbaru Bulan Ini 2017 Update

Advertisement
Berapakah Harga Semen Terbaru? Semen merupakan kebutuhan primer dalam sebuah konstruksi bangunan, dimana peranannya tak dapat diganitkan oleh bahan lainnya. Dalam penggunaanya, terdapat berbagai macam tipe dan jenis semen berdasarkan kegunaan dan fungsinya. Semen merupakan perekaat hidraulis dari bahan bangunan, dimana nantinya dijadikan perekatan jika dicampur bersama air. Adapun bahan baku semen tersebut biasanya terdiri dari 3 macam, diantaranya terak/klinker, gypsum dan bahan ketiga seperti abu terbang, pozzolan, kapur dan lain sebagainya.


Bila ketiga unsur di atas tak lebih 3% biasanya masih bisa memenuhi kualitas semen tipe 1 yang biasa disebut sebagai OPC atau ordinary Portland Cement. Akan tetapi jika kandungan material yang ketiga ternyata lebih tinggi mencapai maksimum 25%, dengan begitu semen tersebut pun berganti tipe hingga menjadi tipe PCC atau Portland composite cement. Berdasarkan SNI terdapat beberapa jenis semen, diantaranya semen Portland, semen Portland putih, pozzolan, Portland campur, mansonry, dan Portland komposit.

Semen Portland putih biasanya diaplikasikan pada pekerjan finishing, yakni sebagai pengisi atau filler. Adapun semen jenis Portland putih ini terbuat dari kalsit limestone yang murni. Berbeda lagi dengan semen Portland pozzolan yang lebih tepat diaplikasikan dalam bangunan umum serta bangunan dengan membutuhkan ketahanan sulfat sekaligus panas hidrasi sedang, misalnya untuk perumahan, jalan raya, jembatan, beton massa, bangunan irigasi, fondasi pelat penuh, bendungan dan dermaga.

Sedangkan semen yang biasanya paling sering digunakan adalah semen Portland sebab bahan dasarnya terbuat dari plesteran semen dan beton. Semen Portland campur sendiri merupakan sebuah bahan pengikat berjenis hidrolis hasil dari penggilingan secara bersama-sama pada terak jenis semen Portland beserta gips yang memiliki satu maupun lebih senyawa anorganik tak bereaksi atau bersifat inert. Untuk semen mansory sendiri lebih tepat diaplikasikan pada konstruksi jalan, irigasi, dan perumahan gedung. Bisa pula diaplikasikan sebagai bahan baku untuk pembuatan paving block, genteng beton, tegel serta bahan bangunan yang lainnya.

Pada semen Portland komposit biasanya diaplikasikan pada bangunan-bangunan secara umum, sama seperti penggunaan untuk semen Portland bertipe I yang memiliki kuat tekan sama. PCC sendiri memiliki panas hidrasi lebih rendah saat proses pendinginan jika dibandingkan Semen Portland bertipe I, dengan begitu pengerjaannya pun menjadi lebih mudah serta menghasilkan permukaan plester atau beton lebih halus dan rapat.

Daftar Harga Semen Terbaru


Jika berbicara tentang harga semen paling update di tahun 2016 ini, terdapat bervariasi harga yang ditawarkan semen berbagai macam merk. Bagi Anda yang mencari informasi harga jual semen, kami akan membagikan harga dari berbagai macam merk semen paling populer dan paling laris di Indonesia secara khusus. Di Indonesia sendiri, pabrik semen sudah sangat banyak dijumpai seperti halnya semen gresik, semen Cibinong, Tiga Roda dan yang lainnya.

Merk Semen Ukuran Harga
Semen Holcim 50 kg Rp. 64.500,-
Semen Tiga Roda 40 kg Rp. 53.000,-
Semen Tiga Roda 50 kg Rp. 64.500,-
Semen Holcim 40 kg Rp. 52.000,-
Semen Gresik 50 kg Rp. 61.000,-
Semen Gresik 40kg Rp. 50.000,-
Semen Merah Putih 50 kg Rp. 60.000,-
Semen Merah Putih 40 kg Rp. 50.000,-
Semen Tak lepas dari batu dan bata, untuk itu kami menyarankan Anda membaca juga informasi Harga Bata Ringan.
Semen merupakan material pabrikan dengan komponen utamanya digunakan untuk pekerjaan pada struktur beton serta pekerjaan plesteran, pasang dinding, pemasangan keramik, acian dan lain sebagainya. Harga semen di atas terdiridari beragam merk semen, seperti semen gresik, merah putih, semen holcim, dan semen tiga roda. Untuk Anda yang ingin memilih semen sebagai bahan bangunan, hal yang perlu diperhatikan selain mencari merk semen berkualitas adalah dengan mencari semen yang berlogo SNI, proses penyimpanannya tak terlalu lama dan kemasan masih baik serta tidak rusak. Anda juga harus memilih semen yang tak terlihat kasar dan menggumpal. Sebab semen berkualitas baik bila dipegang maka butirannya akan langsung dapat terurai serta semua bagian semen tak menyatu.
Advertisement
Harga Semen Terbaru Bulan Ini 2017 Update | Intan Purnamasari | 5