Harga Kayu Gaharu Terbaru Bulan Ini 2017 Update

Advertisement
Berapakah Harga Kayu Gaharu ? paling mahal diantara kayu jenis lainnya. Gaharu merupakan kayu yang berwarna kehitaman dengan kandungan resin yang khas didalamnya diproduksi dari sejumlah jenis pohon untuk genus atau marga Aquilaria, khususnya A malaccensis. Dimana resin tersebut dimanfaatkan untuk industri wewangian sebab memiliki bau yang begitu haru. Kayu gaharu sendiri semenjak awal di zaman modern sudah menjadi komoditi perdagangan di Kepulauan Nusantaara menuju Jazirah Arab, Afrika Timur, India dan Persia. Dengan kualitasnya, wajar rasanya jika kayu gaharu dibanderol dengan harga yang mahal.


Bahkan pasalnya pohon gahari merupakan pohon yang mampu menghasilkan kayu yang harganya paling mahal. Untuk harga kayu gahari dengan kandungan gupal saja dihargai mencapai puluhan juta untuk tiap kilonya. Tak hanya itu saja, kayu gaharu yang tanpa resin atau gupal sekalipun masih bisa laku terjual sampai puluhan ribu tiap kilonya. Dengan begitu wajar jika sebutan gaharu sebagai salah satu pohon termahal sangat layak untuk disandangkan. Gaharu merupakan nama jenis kayu sekaligus juga jenis pohon yang berasal dari genus bernama Aquilaria.

Kayu dan pohon gaharu menjadi mahal dan tenar karena memiliki kandungan resin yang berbau harum serta banyak dimanfaatkan diindustri obat-obatan dan kosmetika. Jenis kayu gaharu sendiri menjadi komoditas ekspor di Indonesia. Hanya saja, mahalnya harga jenis kayu yang satu ini berimbas dengan langkanya pohon tersebut. Dengan begitu CITES pun mengelola perdagangan kayu ini dengan ketat. Ada sebanyak 20 spesies kayu gaharu yang ada di Asia, seperti China, India dan Asia Tenggara.

Pohon yang berukuran besar ini memiliki ketinggian sampai 40 meter yang memiliki diameter kurang lebih 60 cm. Ciri khas dari pohon ini adalah berbatang lurus, memiliki kekerasan yang cukup kuat dan juga tidak berbanir. Ciri-ciri lainnya dari segi warna berwarna cokelat agak putih. Selain itu tajuknya berbentuk bulat dan sangat lebat dan pada percabangannya pada umumnya horizontal. Bentuk daunnya yaitu cukup lonjong dan memanjang yang memiliki panjang sekitar 5 sampai 8 cm dan lebar kurang lebih 3 sampai 4 cm. Walaupun bentuknya lonjong namun pada ujung daunnya berbentuk runcing dengn warna hijau yang terang juga mengkilap.

Lihat Harga Kayu lainnya :

Kayu gaharu memiliki nilai jual yang cukup mengiurkan baik dalam negeri maupun sudah masuk ke ranah internasional karena sekarang ini Indonesia sudah bisa mengekspor ke China walaupun biasanya transit terlebih dahulu ke negara tetangga seperti Singapura, Hong kong atu Taiwan. Sekarang ini untuk ekspor saja sudah mencapai 4.000 ton per tahun dengan pengimpor terbesar adalah negara China sebanyak 500 ton setiap tahunnya. Selain ke negara tetangga, kayu gaharu juga di ekspor ke negara Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Harga Kayu Gaharu 2016


Adapun daftar harga kayu Gaharu jika dilihat dari masing-masing Negara sendiri bisa mencapai kisaran ratusan juta rupiah.

Negara Penjualan Harga
Indonesia Rp.150 juta /kg
China Rp. 400 juta/kg
Timur Tengah Rp. 300 juta/kg

Kayu gaharu kualitas terbaik sendiri ada di Indonesia, bahkan pasalnya potensi kayu gaharu ini di Indonesia sendiri diperkirakan hingga 600.000 ton dalam setahun yang sentra produksinya ada di Sumatera, Kalimantan dan Papua. Mahalnya kayu gaharu ini dikarenakan kayu ini tergolong paling langka, dan mempunyai banyak manfaat, diantaranya aksesoris atau parfum, selain itu juga dapat dijadikan untuk obat terapi berbagai macam penyakit. Bau aroma global yang terdapat pada gaharu ini sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar minyak dengan kegunaan antidepresi, sebab mempunyai aroma yang begitu wangi. Nilai jual tinggi pada kayu ini tak hanya terdapat pada gubalnya saja, melainkan juga kualitas kemedangannya.
Advertisement
Harga Kayu Gaharu Terbaru Bulan Ini 2017 Update | Intan Purnamasari | 5