Harga Kayu Terbaru Bulan Ini 2017 Update

Advertisement
Berapa Harga Kayu Terbaru ? | Material kayu untuk bahan bangunan memang sudah tak asing lagi ditelinga. Bahkan hampir tiap hari kita pun melihat material yang satu ini. Biasanya, material kayu sendiri dijadikan bahan dasar pembuatan kursi, meja, pintu, hingga rangka atap. Walaupun kini sudah ada beberapa bahan alternatif yang menggantikan kayu, seperti plastik, besi, baja dan sebagainya, akan tetapi penggunaan bahan kayu sendiri masih banyak dimanfaatkan. Jika dibandingkan material yang lainnya, kayu mempunyai berbagai keunggulan.


Material kayu lebih mudah dalam hal pengerjaan, dapat dibuat maupun dibentuk berdasarkan keinginan, seperti untuk desain kusen, ukiran dan lain sebagainya. Disamping itu, material kayu pun mudah dibaut, direkatkan dan dipaku. Kualitas dari kayu itu sendiri dapat dilihat berdasarkan visual, contohnya saja jika terjadi kecacatan maka kayu bisa diketahui dengan kasat mata. Material kayu juga lebih tahan dari tekanan serta lenturan. Karena kini ada banyak sekali jenis-jenis material kayu, tentunya saat ini material kayu mempunyai tekstur yang lebih indah dan baik.

Kayu mempunyai berat jenis cukup ringan, dengan begitu dapat mengapung dan juga memiliki sifat resonansi yang ringan. Material yang satu ini bisa diubah bentuk menjadi pulp atau bubur kayu, lalu dapat diolah dijadikan produk yang lainnya, seperti bahan dasar pembuatan kertas. Kayu sendiri merupakan hasil dari hutan yang sangat mudah diproses agar bisa dijadikan produk barang yang sesuai kemajuan teknologi saat ini. Material kayu mempunyai beberapa sifat atau karakteristik yang tak dapat ditiru bahan bangunan yang lainnya. Dengan mengetahui sifat dan karakteristik kayu sangat penting pada industri pengolahan material kayu karena berdasarkan pengetahuan dari sifat tersebut tak hanya bisa dipilih jenis material kayu yang baik dan macam-macam pemakaian yang memungkinkan.

Sebagai material bahan untuk konstruksi bangunan, material kayu telah dikenal serta banyak digunakan sebelum masyarakat mengenal baja dan beton. Pada penggunaannya, kayu harus memenuhi semua persyaratan seperti mampu menahan banyak beban, mampu bekerja secara aman pada jangka waktu tertentu, memiliki ukuran penampang, memiliki keawetan dan ketahanan memadai melebihi usia penggunaannya dan memiliki ukuran panjang sesuai dengan penggunaannya untuk konstruksi bangunan.

Lihat Harga Kayu lainnya :

Adapun kendala yang perlu dihadapi saat menggunakan kayu sebagai konstruksi bangunan adalah mutu dan ukuran kayu yang diperoleh begitu bervariasi, dengan begitu pengguna tak jarang merasa kesulitan untuk memilih ukuran dan jenis kayu yang hendak digunakan. Maka dari itu, penting sekali adanya upaya yang lain yakni pengenalan ukuran dan jenis kayu yang diproduksi dari hutan tersebut itu sendiri.

Harga Kayu Terbaru 2016


Bagi Anda yang mencari referensi harga kayu, berikut ini daftar harga material kayu terbaru :

Jenis dan Spesifikasi Kayu Satuan Harga
Kayu reng meranti 2 x 3 4 m Rp. 15.000,-
Kayu reng meranti 3 x 4 4 m Rp. 17.500,-
Kayu reng Borneo 2 x 3 4 m Rp. 17.500,-
Kayu reng Borneo 3 x 4 4 m Rp. 20.500,-
Kayu kaso meranti 4 x 6 4 m Rp. 32.500,-
Kayu kaso kamper 4 x 6 4 m Rp. 43.000,-
Kayu galar meranti 5 x 10 4 m Rp. 60.000,-
Kayu galar Borneo 5 x 10 4 m Rp. 60.000,-
Kayu balok meranti 6 x 12 4 m Rp. 80.000,-

Disamping kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, material kayu sebagai bahan konstruksi juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan, diantaranya kayu tidak tahan terhadap api, sehingga membuatnya mudah terbakar, terlebih lagi dengan kondisi yang kering. Material kayu tak bisa dimanfaatkan dengan keseluruhan, dengan begitu sisa pemakaian kayu hanya akan menjadi limbah. Belum lagi pada pekerjaan tertentu, material kayu tak dapat menutup dengan keseluruhan sebab diameter kayu sangat terbatas dan umumnya untuk menyikapinya maka kayu perlu diperbesar, diperlebar atau disambung. Material kayu juga mudah diserang rayap maupun serangga yang lain. Material kayu juga memiliki kandungan air yang berpengaruh besar pada bentuk kayu.
Advertisement
Harga Kayu Terbaru Bulan Ini 2017 Update | Intan Purnamasari | 5