Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Pasir Silica Terbaru Bulan Ini 2017 Update

Berapa Harga Pasir Silica Terbaru ? Pasir silica merupakan mineral yang paling umum dijumpai di kerak bumi. Dimana mineral yang satu ini meempunyai struktur Kristal berbentuk heksagonal terbuat dari bahan silica trigonal yang terkristalisasi. Adapun pasir silica yang ada di Indonesia sendiri biasanya berasal dari Kepulauan Bangka dan biasa dinamakan sebagai pasir Bangka, selain itu ada pula yang berasal di daerah lampung dimana umumnya dinamakan pasir silica Lampung. Tak hanya dari kedua wilayah tersebut saja terdapat pasir silica, daerah Tuban, Sumatera Selatan dan beberapa daerah di Kalimantan terdapat pasir silica.


Pasir Silika atau disebut juga sebagai pasir kuarsa memiliki komposisi dari gabungan Fe2O3, SiO2, MgO, K2O, CaO, TiO2, dan Al2O3. Pasir silica itu sendiir berwarna putih atau tergantung dari senyawa pengotornya. Tingkat kekerasan dari pasir silica ini mencapai 7 skala Mohs dengan berat jenis sebesar 2,65, berbentuk Kristal hezagonal, dengan panas spesifik 0,185. Pada kegiatan industry, pemakaian pasir kuarsa atau pasir silica ini telah berkembang luas, entah itu sebagai bahan pelengkap ataupun bahan utama.

Pasir silica dijadikan bahan baku yang utama sendiri umumnya diaplikasikan di industry-industri seperti semen, gelas kaca, tegel, fero silicon, mosaic keramik, silicon carbide dan sebagainya. Sementara digunakan sebagai bahan pelengkap, misalnya pada industri pertambangan dan perminyakan, industry cor, bata tahan api dan sebagainya. Pasir Silika atau Silica Sand selain digunakan pada penyaringan air juga umumnya dipergunakan pada pembuatan kaca, campuran semen, pembuatan gelas, sand blasting dan sebagainya.

Material pasir silica juga digunakan sebagai penyaring lumpur, partikel berukuran besar/kecil, dan tanah yang terdapat pada air serta biasa diaplikasikan pada penyaringan awal. Sand blasting pada pasir silica sendiri merupakan teknik untuk membersihkan karat pada mesin atau kerak maupun logam memakai semprotan pasir silica yang bertekanan tinggi. Umumnya ukuran mesh yang digunakan sendiri 8 x 30, da nada beberapa dari industry yang sangat rutin memerlukan pasir silica ini.

Pasir silica yang digunakan untuk konstruksi atau cor-coran sendiri biasanya menggunakan ukuran 14x20. Kegunaan lainnya dari pasir silica yaitu sebagai bahan genteng logam atau metal supaya bisa meredam suara saat hujan, juga dijadikan bahan baku ready mix, mortar dan semen. Pasir silica juga dimanfaatkan sebagai material pabrik keramik. Bahkan seiring perkembangan teknologi saat ini, telah banyak penggunaan dari pasir silica di industri yang semakin meningkat khususnya untuk penggunaan pasir silica dengan ukuran partikel kecil hingga skala micron bahkan ukuran nanosilika. Dengan ukuran partikal yang diperkecil sendiri membuat produk mempunyai sifat yang bervariasi untuk bisa meningkatkan kualitasnya.

Daftar Harga Pasir Silika Terbaru


Berikut ini daftar harga pasir silica berdasarkan ukuran dan juga kemasannya yang perlu Anda ketahui!

Jenis Barang Ukuran (mm) Satuan Kemasan Harga
Pasir Silika 3,2-0,8 50 kg Rp. 59.500,-
Pasir Silika 3,2-1,6 50 kg Rp. 70.500,-
Pasir Silika 12,7-1,3 50 kg Rp. 65.000,-
Pasir Silika 0,8-0,3 50 kg Rp. 51.250,-
Pasir Silika Standar NA 25 kg Rp. 82.000,-


Daftar Harga Pasir Jenis Lainnya : 
  1. Pasir Muntilan
  2. Pasir Putih 
  3. Harga Pasir 
Pasir kuarsa memang sangat dikenal berdasarkan bentuk, kegunaan, karakteristik, lokasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi terdapat satu hal dimana masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa jenis pasir kuarsa sendiri dari bebatuan dimana telah mengalami proses erosi atau pengikisan hingga jutaan tahun silam. Dimana erosi tersebut diakibatkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya air maupun es, angin, hujan hingga binatany yang biasa dikenal sebagai bio erosi, atau bisa juga dari material lainnya berhubungan dengan aktivitas gravitasi. Adapun faktor-faktor itu sendiri berdasarkan dari analisa manusia dan hasil penelitian. Dinamakan sebagai silica karena pasir kuarsa memiliki kandungan kimia “silica” di dalamnya dari senyaawa “Silicon Dioxide” dengan struktur SiO2, karena itulah orang menyebutnya pasir silica.
Admin Cans
Admin Cans Hai, siapa aku?